MUARA TEWEH – Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang bersama Wakil Gubernur H Achmad Diran akan mengakhiri masa jabatannya untuk periode kedua 2010-2015 pada tanggal 4 Agustus 2015.
“Kami bersyukur bahwa berkat dukungan dan doa restu serta kerja sama yang baik dari semua pihak, terutama dukungan dan kerja sama yang baik dari DPRD, 14 Kabupaten/Kota, seluruh elemen masyarakat kita, sehingga pembangunan daerah ini dari waktu ke waktu terus menunjukan peningkatan yang sangat berarti,” kata Teras Narang pada peringatan Hari Jadi ke 65 Kabupaten Barito Utara, di arena Tiara Batara Muara Teweh, Kamis (30/7/2015).

   Menurut Teras pertumbuhan ekonomi terus meningkat, angka kemiskinan terus menurun di bawah angka kemiskinan nasional, meningkatnya ketersediaan lapangan kerja dan indek pembangunan manusia terus meningkat, serta angka harapan hidup Kalimantan Tengah terus meningkat di atas rata-rata nasional.
Berbagai keberhasilan pembangunan di tingkat provinsi ini harus berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakat di seluruh kabupaten/kota.
“Oleh sebab itu saya tetap berharap agar pemerintah kabupaten/kota dapat mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan pembangunan yang ada, dengan meningkatkan koordinasi, komunikasi, sinergi dalam pembinaan, pengawasan dan pengendalian proses pembangunan dengan baik,” katanya.
Pada kesempatan itu, Agustin Teras Narang menyampaikan bahwa pada 9 Desember 2015, Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2016-2021.
“Selaku Gubernur Kalimantan Tengah, saya mengimbau kepada segenap lapisan masyarakat, organisasi sosial politik, organisasi keagamaan, aparatur pemerintah untuk bersama sama menciptakan suasana yang kondusif dalam menyambut pelaksanaan Pilgub, agar terselenggara dengan aman, tertib, lancar dan damai,” ucapnya.
Teras juga mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Tengah agar menggunakan hak pilihnya pada pilgub mendatang. Jangan Golput, karena satu suara sangat berarti dan menentukan nasib Kalimantan Tengah ke depan.
“Kita tidak memilih pemimpin untuk kepentingan suku, agama, ras dan golongan tertentu. Tapi kita memilih Gubernur dan Wakil Gubernur yang mampu memimpin Kalimantan Tengah untuk lima tahun ke depan, yang lebih baik, adil dan jujur serta memperhatikan kepentingan masyarakat secara luas, bukan kepentingan kelompok atau pribadi,” tegasnya.
Kemudian Gubernur Kalteng itu mengatakan memasuki musim kemarau, dirinya meminta perhatian kepada Wali kota dan para Bupati se-Kalimantan Tengah beserta jajarannya, unsur FKPD, Camat, Lurah, Kades dan Damang serta seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan mampu mempertahankan lingkungan yang terbebas dari asap kebakaran hutan dan lahan.
“Tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Aktifkan posko di wilayah masing-masing serta melakukan pengawasan dan tindakan pencegahan melalui penyadaran masyarakat. Selain itu berikan sanksi hukum secara tegas kepada masyarakat yang sengaja membuka lahan dengan cara membakar yang tidak terkendali dengan baik,” kata Teras. (ant/300715/beritasampit.com